Jahe merupakan komoditas rempah-rempah populer di Eropa karena memiliki rasa pedas dan sensasi hangat. Jahe sendiri dipercaya berasal dari negara India, namun sebagian orang juga beranggapan jika jahe berasal dari Tiongkok. Penyebaran jahe merupakan salah satu rempah yang di dagangkan oleh India ke Asia Tenggara hingga Timur Tengah.

Rempah yang memiliki nama latin Zingiber officinale merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai rempah juga bahan obat. Namun tak hanya sekedar dijadikan bahan rempah masakan, atau obat-obatan saja. Melainkan jahe juga berguna untuk perawatan kecantikan.

Khasiat Jahe Untuk Kecantikan Tubuh

Seperti yang kita ketahui, wanita identik dengan upayanya yang selalu memperhatikan penampilan. Mereka akan merawat tubuhnya agar bisa mendapatkan penampilan yang menarik.

Banyak wanita yang mengupayakan kecantikannya dengan menggunakan bahan kimia karena efeknya yang lebih instan. Akan tetapi, penggunaan kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia dalam jangka waktu yang panjang menimbulkan efek yang buruk, sehingga cara-cara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional sangat disarankan.

Dengan bentuknya yang seperti jari, tanaman jahe menjadi salah satu rempah-rempah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menghangatkan tubuh ketika dikonsumsi dengan cara diminum, jahe ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan wanita. Tidak banyak yang tahu jika jahe memiliki khasiat yang tidak terduga untuk kecantikan kulit dan wajah.

Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering dialami, khususnya oleh remaja. Timbulnya jerawat pada wajah tentu sangat tidak mengenakkan. Banyak sekali cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba. Salah satunya adalah penggunaan masker jahe.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae dengan nama ilmiah Zingiber officinale , merupakan jenis tanaman rimpang yang sangat umumnya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Namun pertanyaannya ialah, Apakah jahe efektif untuk mengatasi jerawat?

Jahe diketahui sangat bermanfaat dalam perawatan kulit seperti untuk menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini dan perawatan tubuh lainnya. Lalu bagaimana cara penggunaan jahe untuk menghilangkan jerawat serta perawatan kulit wajah lainnya? Berikut cara penggunaannya.

  1. Ambil jahe secukupnya, ambil yang masih segar kemudian cuci hingga bersih.
  2. Langkah selanjutnya kita kupas jahe kemudian diparut.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan wajah dengan masker jahe ini, anda bisa menggunakan air hangat untuk mencuci wajah.
  4. Aplikasikan secara merata jah yang telah dihaluskan pada seleuruh permukaan wajah, jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut saat membalurkan lulur jahe pada wajah.
  5. Tunggu 15 menit kemudian bilas kembali dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa masker jahe yang masih menempel hingga bersih.

Lakukan secara teratur perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat dengan masker jahe ini. Penggunaan bahan alami seperti jahe ini terbukti lebih aman tanpa efek samping bagi pengguna. Selain itu, anda bisa menambkan bahan alami lainnya seperti madu pada masker jahe. Lakukanlah cara ini 2 kali dalam satu minggu sampai jerawat benar-benar kering dan hilang.

Bermanfaat untuk Memerahkan Bibir

Bibir menjadi salah satu perhatian para wanita dalam urusan kecantikan. Bibir yang sehat dan merah merekah adalah impian setiap wanita. Bibir yang hitam bisa menurunkan rasa percaya diri dan ikut memengaruhi penampilan wanita.

Warna gelap pada bibir dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya, merokok, pemakaian kosmetik yang salah atau berlebihan dan jarang membersihkan bibir dari sisa pemakaian kosmetik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat bibr merah secara alami, salah satunya dengan cara scrubbing/pengelupasan.

Nah, Salah satu cara alami untuk mengembalikan warna natural dari bibir adalah dengan menggunakan parutan jahe. Ya, khasiat alami dari bumbu dapur ini bisa membuat warna bibir kembali merah sehingga terlihat menarik.

Jahe mengandung oleoresin dan minyak atsiri sekitar 1-3 persen. Aroma khas jahe dihasilkan dari kandungan zingiberen dan zingiberol di dalam minyak astiri yang ada pada jahe. Sedangkan rasa pedas jahe timbul karena mengandung oleoresin. Lalu, bagaimana cara alami memerahkan bibir dengan jahe? Ikuti langkah-langkah berikut ini;

Bahan dan Alat yang perlu disiapkan :

  1. 1 sdm gula pasir atau bisa juga dengan menggunakan gula jawa
  2. 1 sdt madu, atau bisa diganti dengan 1sdt vanili atau 1sdt coklat bubuk jika anda tidak menyukai manisnya madu
  3. Sepotong jahe segar
  4. Tempat untuk menyimpan
  5. pisau

Langkah Pembuatan :

  • Langkah 1

Ambil 1 sdm gula putih atau gula jawa ke dalam mangkuk bersih. Bahan diatas dapat digunakan 3-4 kali pemakaian, anda dapat meningkatkan jumlah bahan-bahan sesuai keinginan anda. Gunakan wadah penyimpanan yang bersih, agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

  • Langkah 2

Ambil potongan jahe kemudian, potong jahe menjadi potongan-potongan kecil dengan pisau yang bersih. Jahe merupakan pengelupas alami kulit yang menakjubkan. Jahe dapat meningkatkan suplai darah ke bibir, sehingga bibir terlihat penuh dan merekah.

  • Langkah 3

Tambahkan potongan jahe ke dalam mangkuk lalu tambahkan sekitar 1 sdt madu ke dalam campuran. Lalu campur semua aduk-aduk sampai bahan menyatu. Gosokkan scrub jahe yang sudah jadi pada bibir, anda dapat menggunakan sikat gigi bekas tongkat mascara ataupun dengan jari-jari anda. untuk menggosok bibir anda Madu dapat mengurangi aroma jahe yang pekat serta dapat melembabkan bibir.

Gosok lembut, dengan gerakan melingkar untuk mengelupaskan kulit kulit bibir anda. Jangan menaruh terlalu banyak tekanan karena dapat menyakiti bibir anda dan juga dapat menyebabkan perdarahan. Lakukan scrubbing selama 25 sampai 30 detik untuk menghilangkan kekeringan dan lapisan kulit mati, kulit pecah-pecah dari bibir anda. Kemudian, gunakan handuk hangat hangat atau kertas tisu untuk menyeka scrub bibir dari bibir anda.

Lakukan cara ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, hindari rokok dan banyak minum air putih. Kaum pria juga bisa mengikuti cara tradisional ini untuk memerahkan bibir.

Bermanfaat untuk Menghilangkan Bekas Luka pada Kulit Wajah

Jahe seperti yang umum kita ketahui mempunyai aroma yang tidak biasa, namun jahe juga merupakan bahan alami yang kuat khasiatnya untuk perawatan kecantikan. Jahe secara alami mengandung antioksidan serta antiseptik, yang membuatnya sangat berguna untuk memecahkan masalah seperti anti penuaan, jerawat, kulit yang terbakar dan juga masalah rambut.

Kandungan-kandungan dalam jahe ternyata dapat memberikan khasiat bagi kulit wajah. Sudah umum diketahui bahwa wanita selalu ingin kulitnya tampak putih bersih, terutama pada bagian wajah agar sesuai dengan standar kecantikan masa kini.

Mengonsumsi jahe maupun mengoleskannya di kulit dapat memberi manfaat sebagai anti aging. Hal ini karena jahe mengandung 40 sifat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi tubuh terhadap proses penuaan. Jahe memiliki sifat toning dan antioksidan sehingga jahe dapat menyamarkan bekas luka hipopigmentasi (bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit).

Caranya mudah:

  1. Anda dapat memilih beberapa jahe yang akan diparutkan/dihaluskan.
  2. Cukup oleskan sepotong parutan jahe segar ke daerah kulit yang memiliki bekas luka berwarna terang.
  3. Dan biarkan air dari potongan jahe tersebut mengering.
  4. Oleskan 1-2 kali sehari dan lakukan hal ini setiap hari.

Anda akan dapat melihat hasilnya dalam beberapa minggu. Dalam beberapa bulan, bekas luka tersebut akan nampak sangat samar dan hampir tidak terlihat.

Bermanfaat Untuk Mengatasi Ketombe

Sebagai mahkota alami setiap orang, rambut memang harus dirawat dengan baik dan mengesankan. Tak perlu dirawat dengan biaya mahal, rambut pun bisa dirawat dengan cara paling mudah lagi murah memakai bahan alami. Perawatan rambut sendiri mulai dari merawat rambut agar tidak rontok, tidak bercabang, tidak kusam hingga tidak berketombe.

Berbicara mengenai ketombe, kita tentu tahu bahwa ketombe merupakan salah satu masalah kulit rambut yang tak hanya menyebalkan dan bikin tidak nyaman saja. Lebih jauh, ketombe juga sering kali membuat rasa percaya diri berkurang dan bikin jengkel.

Apalagi, jika ketombe ini dibarengi dengan rasa gatal berlebih pada kulit kepala dan adanya noda ketombe yang menempel di baju atau topi serta hijab. Lebih menjengkelkan lagi, jika ketombe ini juga menyebabkan rambut rontok dan mudah lepek.

Namun adakah cara mengatasi masalah seperti ini? Buat kamu yang mengalami rambut berketombe, kamu nggak perlu khawatir, mengatasi masalah ketombe bisa dilakukan dengan memanfaatkan jahe. Nah, ternyata tak hanya mengenai kecantikan wajah dan kulit saja. Ternyata khasiatnya tak sampai situ saja, melainkan juga baik untuk rambut. Berikut Caranya;

  1. Ambillah satu ruas jahe.
  2. Lalu, kupas dan cuci hingga bersih.
  3. Jus jahe hingga lembut bersama sedikit es batu.
  4. Jika jahe sudah jadi jus, oleskan jahe ke kulit kepala yang mengalami ketombe.
  5. Oleskan secara rata lalu diamkan selama semalam.

Di pagi hari, cuci rambut menggunakan air bersih. Bisa menggunakan air dingin atau air hangat.

Nutrisi pada jahe dikatakan mampu membuat ketombe hilang dari kulit rambut. Nutrisi pada jahe juga dipercaya bisa membuat rambut jadi lebih sehat, lembut dan mengesankan. Jus jahe yang digunakan sebagai bahan alami merawat rambut ini bahkan dipercaya mampu membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan bebas dari stres. Untuk hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah ketombe memakai jahe, usahakan untuk melakukan perawatan ini setidaknya 1 minggu sekali.

Bermanfaat untuk Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia.

Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang. Nah, perlu anda ketahui bahwa untuk mengatasi penuaan dini dan membuat kulit menjadi lebih lembut, maka anda dapat mengandalkan jahe sebagai masker.

Berikut, anda dapat mengikuti caranya yang begitu mudah ini;

  1. Pertama-tama pililah jahe yang baik
  2. Sediakan air hangat (minimal 1 gelas)
  3. Lalu anda dapat membelahnya menjadi beberapoa bagian
  4. Setelah itu rendamkan potongan jahe ke dalam air hangat tersebut
  5. Dan setelah beberapa menit merendam jahe, gunakanlah air tersebut sebagai masker wajah
  6. Namun selain dapat menjadikannya masker, anda dapat pula mengkonsumsi air jahe tersebut secara rutin untuk perawatan dari dalam

Bermanfaat Mengurangi Noda Hitam di Wajah

Jahe ternyata mampu mengurangi noda hitam pada wajah. Sebagaimana dilansir dalam laman bustle.com, jahe dapat dijadikan masker untuk area wajah yang mengalami kekurangan pigmen kulit. Kekurangan pigmen kulit akan membuat kulit wajah anda terlihat bernoda.

Cara membuat masker jahe sendiri di rumah sangat mudah.

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut adalah jahe, air perasan lemon dan madu yang kental. Bisa juga menggunakan Royal Jelly.
  2. Campurkan 3 bahan tersebut dan aduk hingga mengental. Pastikan cukup kental hampir menjadi pasta.
  3. Oleskan pasta pada wajah anda setelah anda membersihkan wajah anda. Pijat wajah anda dengan lembut agar masker jahe ini meresap.
  4. Biarkan selama 5 menit. Anda dapat membiarkannya lebih lama untuk hasil yang lebih maksimal.
  5. Bilas wajah anda dengan air hangat. Air hangat membantu membuka pori-pori di kulit wajah anda sehingga wajah terasa lebih segar.

Anda dapat mengulangi perawatan masker jahe ini setiap hari dalam seminggu. Hasil perawatan akan nampak dalam beberapa minggu, dimana kulit anda akan terlihat lebih segar dan bersinar alami. Namun apabila kulit anda sensitif, ada baiknya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum mencoba perawatan ini.

Bermanfaat Menghilangkan selulit

Anda pasti setuju jika selulit dianggap mengganggu kecantikan seseorang. Banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki banyak selulit pada tubuh. Untuk menghilangkan selulit pada tubuh, sebenarnya sangat mudah jika menggunakan jahe. Anda bisa meminum air rebusan jahe secara rutin.

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan selulit. Dalam jahe terdapat banyak zat yang bisa membuat lemak menjadi larut. Anda harus mengerti jika salah satu penyebab selulit adalah jumlah lemak yang berlebihan pada tubuh.

Akan lebih baik jika Anda mau meminum air jahe tersebut setiap hari. Semakin sering anda meminum ramuan ini, maka akan membuat tubuh anda bebas dari selulit. Jahe adalah salah satu jenis rempah dengan harga yang murah.

Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan yang satu ini karena hampir semua toko bahan makanan menjual jahe. Hal yang paling penting adalah jahe sangat aman dan tidak memiliki efek samping. Apabila anda mengkonsumsi jahe setiap hari, selain anda akan bertambah cantik, tubuh anda juga akan kebal dari serangan penyak

Gimana? Sudah tahukan bahwa begitu banyak sekali khasiat yang kita dapat dengan menjadikan “jahe” sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan wajah dan kulit. Untuk itu tak ada salahnyakan jika para ladies mengikuti saran diatas untuk merawat kecantikan.

Efek Samping Jahe

Walaupun jahe memang sangat banyak diketahui memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan namun ternyata ada juga bahayanya untuk beberapa orang tertentu jika dikonsumsi secara oral, yaitu:

1. Pasien Kelainan Darah

Sangat penting untuk diketahui bahwa jahe dapat mengencerkan darah, maka kurang tepat untuk digunakan oleh orang yang menderita penyakit kelainan darah, atau yang sedang menjalani pengobatan pembekuan darah atau yang sedang mengalami pendarahan. Apabila Anda sedang dalam pengobatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mencobanya.

2. Pasien Diabetes

Jahe bisa menurunkan kadar gula darah dan sebenarnya cukup baik sebagai herbal yang dapat mengatasi masalah diabetes tipe 2 namun tidak dapat digunakan bersamaan dengan obat diabetes atau injeksi insulin karena bisa menyebabkan kadar gula darah terlalu merosot.

3. Pasien Darah Tinggi

Tidak jauh dengan penderita diabetes, obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien darah tinggi juga tidak dapat digunakan bersamaan dengan konsumsi jahe, karena jahe dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung secara drastis, yang akan menyebabkan gangguan pada ritme detak jantung dan berbagai komplikasi lainnya.

Fakta Unik Tentang Jahe

Selain memiliki khasiat untuk memutihkan wajah dan menjadi bahan alami bagi perawatan wajah, jahe juga mempunyai fakta unik yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Jahe mempunyai bentuk yang konon mirip dengan lambung dan sebuah kebetulan bahwa jahe berkhasiat untuk meredakan mual dan muntah karena penyakit lambung dengan kandungan fitokimia didalamnya.
  2. Jahe dapat bertahan selama tiga minggu di lemari es dan bertahan selama kurang lebih tiga bulan di dalam freezer.
  3. Akar jahe yang masih muda memiliki daging berwarna kuning pucat, sedangkan warna kulitnya bisa berbeda-beda tergantung dari mana asal jahe tersebut.
  4. Akar jahe yang muda pada umumnya lembut dan berdaging, sedangan jahe yang sudah tua biasnya kering dan berserat.
  5. Jahe bisa tumbuh baik di iklim tropis dan subtropis, pohonnya bisa tumbuh setinggi satu meter lebih.
  6. Semakin tua tanaman jahe, rasa pedasnya semakin berkurang.
  7. Aroma jahe yang khas berasal dari tiga persen minyak esensial yang terkandung di dalam jahe tersebut.
  8. Jahe, mangga dan alpukat biasanya menjadi objek daya pikat bagi kumbang tanduk.
  9. Pada abad ke 11, orang – orang Eropa yang kurang suka pada rasa jahe yang kuat membuatnya menjadi roti (Gingerbread).

Manfaat jahe untuk kecantikan memang banyak. Salah satu manfaat utama jahe untuk kecantikan adalah bisa mencegah jerawat datang, menghaluskan kulit dan menghilangkan selulit seperti yang saya tuliskan diatas. Yang perlu diperhatikan adalah tentang cara penggunaannya saja terhadap kulit.

Dan perlu juga anda ketahui, jika anda memiliki masalah dengan kulit sensitif atau masalah mengenai suatu penyakit seperti yang dijelaskan pada bagian “efek samping” ada baiknya untuk mengkonsultasikan ke dokter.