Kegiatan fashion show atau fashion exhibition semakin banyak digelar oleh organisasi independen atau pun pusat perbelanjaan. Event-event mode ini melahirkan banyak desainer baru yang menawarkan berbagai gaya rancangan. Banyak dari mereka yang lahir dari sekolah-sekolah mode internasional yang juga semakin banyak bermunculan di Jakarta. Tak banyak dari mereka yang terus berlomba-lomba akan karya yang luar biasa. Nah, berikut penjelasan mengenai Desainer busana.

Pengertian Desain Busana

Secara etimologi, desain berasal dari bahasa Inggris “design” yang artinya rancangan. Pada dasarnya, desain merupakan perencanaan dalam sbuah objek, system, komponen, atau struktur. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dapat berupa gambar, model, maupun deskripsi. Jadi, dapat dikatakan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu.

Dari kata design muncullah kata desain yang berarti mencipta, memikir atau merancang. Dilihat dari garis, bentuk, ukuran, warna, tekstur dan value dari suatu benda yang akan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip desain. Sedangkan dilihat dari kata kerja, desain dapat diartikan sbagai proses perencanaan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan.

Istilah busana berasal dari sansakerta yaitu “bhusana” yang dapat diartikan “pakaian”. Namun demikian pengertian busana dan pakaian terdapat sedikit perbedaan, dimana busana mempunyai makna konotasi “pakaian yang indah” yaitu pakain yang serasi, harmonis, selaras, enak dipandang. Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang factor kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi si pemakai.

Secara garis besar busana meliputi:

  1. Busana mutlak, yaitu busana yang tergolong busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus, bebe dan lain-lain. termasuk pakaian dalam seperti singlet, bra, celana dalam dan lain-lain.
  2. Milineris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak, serta mempunyai nilai guna disamping juga untuk keindahan seperti sepatu, tas, topi, kaus kaki, kacamata, selendang, scraft, shawl, jam tangan, dan lain-lain.
  3. Aksesoris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan sipemakai seperti cincin, kalung, liontin, bross, dan lain-lain.

Profesi desainer fashion terlihat begitu glamour, mewah dan prestisius dari kacamata orang awam. Mereka terlihat begitu menginspirasi banyak orang dengan karya-karyanya, selalu hadir dalam acara-acara bergengsi, berteman dengan banyak publik figur hingga artis ternama. Bahkan tak sedikit banyak dari mereka yang begitu aktif didunia ini. Selain hobi akan fashion, profesi ini juga menghasilkan pundi-pundi yang lumayan banget. Terlebih lagi ia telah menjadi sosok desainer ternama.

Namun apakah menjadi seorang desainer fashion haruslah mereka yang memiliki sekolah tinggi dan uang banyak?

Priyo Oktaviano menurutnya, seseorang tidak harus sekolah di sekolah mode untuk bisa menjadi desainer. Yang terpenting ia harus punya skill dan suka fashion. Skill yang dimaksud adalah memiliki basic seperti mendesain, memilih bahan, warna, membuat pola. “Hal ini penting, dia engak harus membuat sendiri tapi mengerti dasarnya. Belajar otodidak atau di tempat kursus juga bisa tanpa harus ke sekolah fashion mahal,” ujarnya.

Hal yang sama juga dialami oleh Didiet Maulana, desainer dari Ikat Indonesia. Meskipun tidak memiliki latar belakang sekolah mode, ia kini justru sukses mengangkat lini koleksinya sebagai salah satu label prestisius yang diminati banyak sosialita. “Saya belajar konsep merancang ketika saya kuliah di Arsitektur Parahyangan, Bandung. Sehingga konsep bentuk dan material sedikit banyak bersentuhan dengan latar belakang saya. Yang penting adalah tekun dan terbiasa dengan referensi bentuk.

Jadi anda sudah pahamkan bahwa tak semua desainer terlahir sebagai orang kaya atau memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi hingga keluar negeri. Banyak dari mereka yang lahir dengan kemampuan dasar tanpa harus bersekolah di dunia fashion. Namun selain memiliki kemampuan (otodidak). Pastinya semua itu haruslah dibarengi dengan kerja keras dan usaha yang baik.

Hal Yang Harus Diketahui Jika Ingin Menjadi Desainer Fashion

Punya hobi menggambar atau merancang busana? Ingin menjadi fashion designer terkenal dengan karya dan rancangan yang dikenakan artis atau publik figur? Untuk menjadi seorang fashion designer tidak hanya cukup dengan modal bisa menggambar saja. Anda juga harus memiliki cara lain yang dapat mendukung cita-cita menjadi fashion designer terkenal. Berikut hal yang harus dilakukan;

  • Kukuhkan Niat

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, tahap pertama ini merupakan hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Kukuhkan niat. Tanyakan lagi pada diri sendiri keinginan untuk menjadi desainer. Apakah keinginan tersebut benar-benar berasal dari hati, atau sekedar ikut-ikutan, atau karena adanya kesempatan dan peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan menjawab pertanyaan tersebut, Anda akan tahu bagaimana dan kemana akan melangkah.

Jika keinginan menjadi desainer berasal dari hati dan memang panggilan jiwa, Anda tidak perlu menemukan motivasi dan pasti akan terus berjuang. Lain lagi jika alasan untuk menjadi desainer berasal dari pihak luar. Disuruh orang tua misalnya, perlu ditemukan motivasi yang kuat untuk tetap berjuang pada garis yang akan dipilih karena pada dasarnya garis tersebut bukan bagian dari diri Anda.

Di luar sana, banyak sekali desainer fashion yang sukses. Mereka memiliki segalanya, popularitas, kekayaan, dan keahlian. Semua orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Sekali lagi, kukuhkan niat dan jangan buang waktu. Jika memang menjadi keinginan, segera kembangkan kemampuan. Namun jika karena dorongan orang lain, temukan motivasi atau tinggalkan.

  • Kembangkan Kemapuan

Setelah pengukuhan niat, langkah selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan. Jika Anda ingin menjadi desainer fashion yang sukses, mengembangkan kemampuan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Desainer yang sukses memiliki segudang kemampuan yang berkaitan dengan fashion.

Tidak hanya sebatas memadu-madankan warna atau pandai menggambar. Namun lebih dari itu. Walau dikatakan tak memiliki pendidikan tinggi akan dunia fashion, anda dapat melakukan nay dengan mencari kursus, karena apa? Agar kemampuan dan niat yang kuat dapat mewujudkan apa yang anda inginkan.

Menjadi desainer fashion berarti harus memiliki beragam kemampuan dasar. Kemampuan dasar yang wajib dimiliki adalah pandai menggambar, memiliki kemampuan pemilihan warna dan corak yang bagus, mampu memvisualisasikan konsepnya dalam tiga dimensi, dan kemampuan mekanis seperti menjahit dan menggunting semua jenis bahan pakaian.

Perisapkan hal di atas sedini mungkin, semuda mungkin. Yang perlu digarisbawahi adalah kemampuan mekanis, menggunting dan menjahit. Kemampuan ini biasanya tidak terlahir karena bakat namun karena latihan. Anda bisa mengikuti kursus jahit atau belajar dengan teman yang bisa menjahit.

  • Belajar Lebih Banyak

Jika ada kesempatan, ambil kuliah dengan jurusan fashion atau kursus singkat yang berhubungan dengan desainer. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan karena perngaruh lingkungan. Jika Anda ingin kuliah, FDIM dan Parsons merupakan sekolah desain yang paling populer di Amerika Serikat.

Banyak materi yang bisa dipelajari di sana yaitu menggambar, warna dan komposisi, pembuatan corak, dan penghiasan. Keuntungan lainnya, sebagian besar sekolah fashion bekerja sama dengan industri fashion sehingga memungkinkan siswa-siswinya untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tentukan Bidang Fashion Yang Digemari

Seseorang tidak bisa menguasai semua hal. Seorang ilmuwan matematika, belum tentu ahli di bidang fisika. Begitu juga sebaliknya. Mereka yang bisa semua ilmu, dapat dipastikan bahwa pengetahuan yang dimiliki tidak cukup mendalam. Lakukan spesialisasi terhadap satu hal.

Ada empat bidang dalam dunia fashion. Bidang tersebut yaitu,

  1. Haute couture
  2. Ready-to-wear
  3. Leisure gear
  4. Mass market

Dari empat bidang di atas, nantinya Anda juga harus memilih menjadi sub-bidang. Sub-bidang inilah yang kemudian akan menjadi fokus Anda. Sub-bidang terbagi menjadi beragam busana seperti busana wanita, busana pria, anak-anak, aksesoris, pakaian olahraga, dan lain-lain. Untuk mengetahui bidang apa yang menjadi passion, dipelrukan perjalanan panjang. Jelajahi satu per satu semua bidang. Masing-masing mempunyai keunikannya sendiri.

  • Siapkan Diri Untuk Terjun Di Dunia Industri Fashion

Sebelum terjun ke dunia fashion, lakukan penilaian terhadap kemampuan Anda. Lakukan penilaian secara jujur, jangan memaksakan diri agar dapat diterima di industri fashion. Pelajari lagi bagian yang belum dimengerti. Hal ini mengingat bahwa persaingan di bidang fashion cukup ketat. Anda bisa saja mencintai busana namun busana hanya merupakan satu bagian kecil dalam dunia fashion. Lebih dari sekdar tahu, banyak kemampuan lainnya yang ‘tak terihat’. Banyak hal terjadi di industri fashion.

Kemampuan tak terlihat itu seperti komunikasi yang baik, siap bekerja sangat keras, mampu menerima kritikan, mampu beradaptasi dengan berbagai macam klien dan bos, dan menuntuk kedisiplinan yang tinggi.

Dan setelah itu, Pelajari sisi bisnis dunia fashion. Menjadi desainer sukses tidak hanya membutuhkan talenta dan kreativitas. Talenta dan kreativitas memang sangat diperlukan, namun itu saja tidak cukup. Lengkapi keahlian dengan Anda dengan mempelajari bisnis dan pemasaran. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi. Sebagai referensi, baca jurnal-jurnal fashion seperti ‘Women’s Wear Daily’. Kebanyakan jurusan fashion yang ditempuh di jalur perguruan tinggi, mengajarkan bisnis dan pemasaran.

Gimana? Sudahkah anda menyiapkan hal-hal yang seharusnya anda lakukan untuk menyiapkan karya yang nantinya akan anda pasarkan? Nah setelah mengetahui hal-hal/ langkah yang akan dilakukan oleh seorang desainer, nah berikut ada beberapa desainer ternama yang pastinya bakal lebih memotivasi kalian agar lebih baik lagi dalam berkarya.

Desainer Terbaik Dunia

Desainer berusaha untuk merancang pakaian fungsional dengan nilai estetika yang tinggi. Para desainer kelas dunia memiliki berbagai macam kombinasi pola bahan , warna dan pola gaya untuk hasil desainnya. Fashion Desainer bekerja untuk merancang berbagai busana , aksesoris , dan masih banyak lagi item fashion yang mereka desain. Nah, setiap orang yang berniat untuk menghadiri suatu acara pastinya ingin tampil berbeda dari orang lain.

Maka dari itu, mereka memastikan untuk menggunakan busana unik yang juga berkelas untuk bisa menambah daya tarik dan gengsi. Jika kalian ingin menjadi pusat perhatian, kalian bisa menyewa beberapa perancang busana untuk menciptakan busana yang tepat untuk kalian gunakan. Berikut beberapa desainer terbaik dunia.

1. Valentino Garavani

Valentino Garavani

Desair satu ini bernama lengkap Valentino Clemente Ludovico Garavani. Terkenal dengan nama pendeknya Valentino Garavani . Valentino lahir di Italia 11 Mei 1932 tepatnya di daerah Voghera. Pria ini adalah salah satu desainer busana Italia yang terkenal di dunia. Selain itu, Valentino juga pendiri merk Valentino SpA dan pemilik perusahaannya. Pria 81 tahun ini sudah banyak menerima awards kelas dunia. Dalam menjalankan bisnisnya Valentino dibantu oleh partnernya yaitu Teresa de Biaggi dan Mauro Garavani.

2. Tom Ford

Tom Ford Appearance at Bergdorf Goodman for Fashion's Night Out

Pria yang juga merupakan pembuat film ini rupanya termasuk ke dalam salah satu designer fashion terkemuka di dunia. Ford adalah perancangan busana yang dapat menghasilkan hasil rancangan luar biasa yang tidak pernah bisa orang bayangkan. Dianggap sebagai designer kelas atas, Tom Ford juga berperan sebagai direktur dari Yves Saint Laurent dan Gucci.

Ketika kecil, Tom Ford tidak pernah berpikir untuk berkarir menjadi fashion designer. Ford lebih tertarik pada dunia akting. Untuk menjadi aktor, Ford bahkan yang lahir di Texas ini bahkan mengambil kelas akting. Apa boleh dikata, ternyata nasib mengarahkan Tom untuk menjadi seorang perancang busana. Di tahun 2000, Tom dinyatakan sebagai pemenang dalam Best International Designer Award.

3. Marc Jacobs

Marc Jacobs

Sukses mengguncang dunia fashion di tahun 1980an, dialah designer bernama Marc Jacobs. Di tahun 2014, Jacobs termasuk dalam salah satu designer dengan harga busana tertinggi yang pernah ada. Design pakaian yang dibuatnya tersebar di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Marc Jacobs adalah designer terkenal asal New York yang lahir pada 9 April 1963.

Jacobs hidup bersama dengan neneknya sejak ayahnya meninggal dunia. Jacobs masuk ke sekolah design bernama Parsons School of Design. Pada tahun 1986, Jacobs meluncurkan sendiri koleksi busana buatannya sendiri, menggunakan namanya sendiri dan mulai berkarya di dunia fashion.

4. Donatella Versace

Donatella Versace

Wanita yang bernama lengkap Donatella Versace adalah seorang fashion desainer asal Italia. Donatella lahir pada tanggal 2 Mei 1955. Donatella bersaudara adalah merupakan desainer ternama kelas dunia. Sang saudara lebih tepatnya kakak Donatella Versace bernama Gianni Versace. Donatella bersaudara memiliki perusahaan Versace di mana dia saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Grup Versace dan Ketua Perancang di perusahaan besar ini. Atas baktinya di dunia fashion dengan memberikan hasil karyanya yang terbaik, Donatella mendapat penghargaan Glamour award untuk perancang busana.

5. Christian Dior

Christian Dior

Kalian ingin menjadi pusat perhatian di sebuah pesta? Kenakanlah busana rancangan designer bernama Christian Dior. Berani jamin, semua mata orang akan tertuju pada kamu. Christian Dior adalah seorang perancang busana terkenal yang berasal dari Perancis, lahir pada 21 Januari 1905. Dior dikenal dengan busananya yang dibuat secara khusus mengusung konsep “New Look“.

Melalui konsep “New Look” yang diluncurkan pada tahun 1947, Dior berhasil membuat terobosan baru di dunia fashion. Melalui rancangannya, Dior membawa angin segar di dunia fashion pasca perang Paris. Design pakaian yang dirancang oleh Dior benar-benar berbeda dari perancangan busana lain. Inovasi Dior bagaikan badai keras yang menerjang dunia busana di dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu desainer busana, seperti yang dijelaskan bahwa seseorang yang menekuni suatu bidang bahkan ia mempelajari serta menerapkan kerja keras dan usaha yang baik, tak ada yang tak mungkin untuk ia mendapatkan hasil yang baik pula. Dan semoga beberapa desainer ternama diatas menginspirasi anda sekalian untuk lebih baik lagi dalam berkarya.