Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bahkan, kebanyakan orang Indonesia tidak merasa sudah makan kalau belum makan nasi putih. Tidak heran jika Indonesia merupakan salah satu negara yang konsumsi nasi putihnya paling besar di dunia.

Namun, kini beberapa daerah di Indonesia sudah menggalakkan program sehari tanpa nasi. Caranya, mengganti beras dengan makanan berkarbohidrat lain. Dan ternyata, makanan pengganti nasi tersebut tidak kalah bergizi, bahkan ada yang lebih menyehatkan, terutama untuk penderita diabetes.

Inilah Sumber Karbohidrat Lainnya

1

Karbohidrat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap manusia. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki begitu banyak fungsi. Menjadi sumber energi untuk tubuh merupakan peran utama dari karbohidrat yang setiap gramnya mengandung 4 kalori.

Pada sistem sirkulasi darah di dalam tubuh manusia, sumber energi dihasilkan dari keberadaan karbohidrat yang berperan sebagai glukosa. Bila tak ada karbohidrat, maka tugas utama dari protein akan terganggu karena pengalihan fungsi protein sebagai cadangan energi yang seharusnya menjadi peran utama dari karbohidrat.

Selain nasi, adakah yang tahu makanan apa saja yang menjadi sumber karbohidrat?

Ini nih yang perlu kamu ketahui bahwa begitu banyak karbohidrat yang dapat kamu temui disekelilingmu dan tak hanya beras putih (nasi) yang menjadi makanan pokok. Beberapa makanan-makanan lainnya yang keberadaannya terlihat sangat sepele, ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik.

Keberadaan zat karbohidrat di bumi ini juga begitu melimpah, mengingat fungsi dari zat ini sendiri yang begitu mutlak bagi keberlangsungan hidup. Dan kamu bisa lihat dibawah ini beberapa makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh.

  • Kentang

Merupakan bahan makanan tertua di dunia yang sudah dikenal 11.000 tahun sebelum Masehi. Bagi masyarakat Eropa Umbi kentang dijadikan sebagai makanan pokok. Namun awalnya kentang berasal dari Amerika Serikat, di Indonesia umbi kentang yang dikenal dengan nama latin Solanum tuberosum mulai digalakkan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Makanan pengganti nasi ini juga mengandung berbagai nutrisi penting lain seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium dan zat besi.

Jika ditilik dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, kentang pastilah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang diduga dapat membangun dan menjaga kesehatan dan struktur tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan mengobati insomnia. Selain itu, makanan pengganti nasi ini juga diduga mampu mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah konstipasi (susah buang air besar), menjaga berat badan dan menjaga kelenturan kulit.

Kentang memang memiliki citra rasa unik dan bisa dijadikan makanan yang lezat dibandingkan dengan nasi. Beragam jenis kentang yang ada dipasaran seperti kentang biasa, kentang granola, kentang tes, kentang kecil atau kentang rendang dapat diolah menjadi berbagai makanan yang menarik untuk disantap, misalnya pergedel, schotel, kentang panggang, atau diolah menjadi roti dan kue.

  • Beras Merah

1

Berbeda dari beras putih, selain sebagai sumber energi, beras merah mempunyai kandungan serat yang jauh lebih banyak sehingga sangat disarankan untuk kesehatan sistem pencernaan kalian. Dalam 1 gelas (50 gram nasi), nasi merah memiliki kandungan serat 3,5 gram sedangkan nasi putih memiliki kandungan serat 0,6 gram.

Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah akan membuat kamu kenyang lebih lama dan tidak cepat merasa lapar sehingga kamu tidak makan berlebihan. Beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya. Lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA. Beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, nasi merah juga baik bagi para penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membantu penderita diabetes melitus dalam menjaga kadar gula darahnya. Kelebihan lain dari nasi merah, yaitu kandungan lemak tidak jenuhnya yang tinggi yang dapat membantu Anda menjaga kadar kolesterol dalam darah.

  • Roti Gandum Utuh

roti-tawar-gandum-utuh

Roti gandum yang dibuat dari biji gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih pada umumnya. Roti jenis ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, vitamin B, antioksidan, zat besi, magnesium, dan mineral lainnya.

Selain itu, roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Roti gandum juga dilengkapi dengan senyawa fitokemikal yang diduga dapat melawan perkembangan sel-sel kanker. Konsumsi tersebut mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menjaga keteraturan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri di dalam usus, sehingga buang air besar lebih lancar. Selain itu, konsumsi gandum teratur juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

Merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik. Roti gandum juga kaya serat yang membuat kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Roti gandum mungkin pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang dalam penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang lebih rendah daripada nasi putih. Roti gandum juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Hal ini membantu agar gula darah kamu tidak cepat naik dan juga mencegah lapar datang lebih cepat. Pilihlah roti gandum yang benar-benar terbuat dari gandum utuh.

  • Oats

oats

Merupakan salah satu jenis biji-bijian yang dapat kamu pilih sebagai sumber karbohidrat. Oats terbukti dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes. Hal tersebut karena oats mengandung protein, serta kaya akan vitamin dan mineralSerat yang terdapat pada oats juga cukup membuat kamu kenyang hingga waktu makan berikutnya. Selain itu, oat juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor.

Kalsium penting untuk kekuatan tulang, zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fosfor berperan penting dalam otot dan fungsi saraf, serta dalam penyimpanan energi. Yang tidak kalah penting adalah oat juga mengandung serat. Serat sangat membantu dalam sistem pencernaan dan juga meminimalkan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung dan obesitas.

Ternyata begitu banyak sumber karbohidrat yang ada dimakanan, nah ingat bahwa kentang dan Oats termasuk ke salah satu sumber makanan yang menghasilkan karbohidrat. Jadi jangan coba-coba untuk mencampurkan kentang lagi kedalam menu makan siangmu (yakni nasi putih campur kentang rebus). Dan yang terpenting, makanan yang disebutkan diatas baik untuk kalian (yang mempunyai program diet) konsumsi ke dalam menu diet sehari-hari.

Gimana? Sudah tahukan bahwa selain nasi sumber makanan yang ada diatas juga baik untuk tubuh. Bahkan juga sangat baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Jadi jangan sungkan-sungkan ya guys untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Nah, untuk itu demikianlah pembahasan mengenai sumber makanan berkarbohidrat.