Mungkin sebagian dari anda sudah pada mengerti bukan, bahwa telapak kaki ialah bagian tubuh yang letaknya berada pada bagian paling dasar. Dalam keseharian, tugas utamanya adalah menopang berat badan tubuh secara keseluruhan terutama saat sedang dalam posisi berdiri. Mengingat tugasnya yang cukup berat ini, pastinya sangat baik bukan untuk selalu memperhatikan kenyamanan telapak kaki, misalnya saat melakukan aktivitas di luar ruangan maupun aktivitas yang berat seperti olahraga.

Alas kaki yang baik, dipilih bukan karena sekedar stylish maupun corak warna yang sepadan saja. Lebih dari itu, kenyamanan terhadap sebuah alas kaki ditentukan oleh kecocokan tipe kaki dan desain sepatu yang dipilih. Karena apa? Karena seperti yang dijelaskan bahwa sebuah kekuatan serta pondasi dari tubuh itu sendiri ialah teletak pada bagian paling bawah ini. Satu telapak kaki terdiri dari gabungan 26 ruas tulang, 57 sendi, 107 ligame. 19 buah otot, tendon dan struktur tulang dan memiliki 3 lekungan kaki yaitu;

  • Lengkungan membujur medial
  • Lengkungan membujur lateral
  • Lengkungan melintang

Pernah nggak kebayang oleh anda bahwa ketika hendak bertamu kesalah satu rumah teman dan pastinya pada saat ingin memasuki rumahnya tentu anda harus membuka sepatu dan kaos kaki anda bukan? Nah, bagi anda yang memiliki masalah dengan bau kaki pasti begitu enggan untuk memasuki dan memilih berada di luar rumah saja (diteras rumah). Pernahkah anda berfikir apa sih penyebab dari masalah ini?

k

Bau kaki semacam masalah pada bau badan yang dimana hal ini begitu mengganggu dan membuat mereka begitu risih (terganggu). Bahkan bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.

Dan tahukah anda bahwa ada 2 penyebab mengapa kaki mengeluarkan bau yang tak sedap. Yakni, Bromhidrosis dan hiperhidrosis. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa sih bromhidrosis? Bromhidrosis yaitu sekumpulan bakteri yang berada di tubuh dan bakteri inilah yang menghasilkan bau. Sedangkan hiperhidrosis adalah produksi keringat yang berlebihan pada tubuh. Jika bakteri penyebab bau tersebut bercampur dengan keringat maka akan menjadikan kaki bau tidak sedap dan menyengat.

mm

Untuk itu banyak orang yang memiliki keringat berlebih memiliki bau pada bagian-bagian tertentu. Selain penyebab bau kaki oleh bakteri-bakteri tersebut, ada faktor lain yang menyebabkan kaki mengeluarkan aroma tak sedap ini, berikut ulasannya;

Faktor Penyebab Kaki Bau

Setiap suatu hal terjadi, tidak mungkin tidak ada faktor penyebabnya. Seperti pepatah nggak akan ada asap tanpa ada api. Nah begitu pula dengan bau kaki. Pastinya ada yang menjadi faktor penyebabnya. Contohnya seperti:

  • Cantengan

Apakah Anda pernah mengalami cantengan? Atau mungkin anda belum paham apa itu cantengan? Ialah dimana pada saat anda ingin memotong kuku, namun bagian kuku mengalami potongan yang dalam, sehingga membuat kuku anda mengeluarkan darah dan bisa jadi sampai bernanah.

Nah, jika pernah tentu Anda merasa sangat tidak nyaman dengan sakit kaki yang terjadi pada bagian kuku ini. Maka dari itu, hal inilah yang menjadikan kaki menjadi bau. Untuk mengatasi hal ini, berhati-hatilah ketika memotong kuku kaki karena ini bisa membuat kaki anda mengeluarkan bau tak sedap ketika hendak menggunakan sepatu.

  • Malas Membersihkan Kaki

Ada baiknya jika setelah menggunakan sepatu selama berjam-jam, untuk segera ke kamar mandi untuk mencuci kedua kaki anda agar bau dari sepatu tidak menempel. Ketika selesai beraktifitas sebaiknya Anda membersihkan kaki Anda dari bau sepatu ataupun dari bau kaos kaki dan juga dari keringat yang keluar pada kaki Anda. Jika Anda malas untuk membersihkan kaki Anda sendiri maka bau kaki akan mudah menyerang dan akan sulit hilang.

  • Sepatu Yang Tidak Pernah Dicuci

Mungkin kebanyakan orang selalu lupa akan hal yang satu ini. Ingatlah bahwa sepatu wajib dicuci minimal 1 minggu sekali. Supaya apa? Agar kaki anda terhindar dari aroma yang tak sedap. Ketika anda bermalas-malasan untuk membersihkan sepatu maka jangan heran bila kaki anda mengeluarkan aroma yang tak sedap. Nah, inilah yang menjadikan bau kaki pada kaki Anda.

Sepatu yang tidak pernah dicuci atau jarang dicuci menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab bau. Ketika bakteri pada sepatu tersebut bercampur dengan keringat Anda, akan terbayang bukan bagaimana baunya? Maka dari itu, rutinlah untuk mencuci sepatu dan menggantinya satu minggu 2 kali supaya sepatu yang Anda gunakan selalu bersih dan tidak menjadi sarang bau.

  • Menggunakan Kaos Kaki Basah

Pernahkah anda menggunakan kaos kaki yang basah? Mungkin kedengarannya sedikit aneh, mana mungkin ada seseorang yang menggunakan kaos kaki yang masih basah. Nah, perlu untuk anda ketahui bahwa menggunakan kaos kaki yang basah bisa menyebabkan munculnya bakteri dan jamur yang akan membuat kaki semakin bau.

Selain itu, menggunakan kaos kaki yang basah juga akan menjadikan kaki kita mudah keriput dan tentunya jika terlalu lama digunakan Anda bisa masuk angin. Entah basah karena belum kering ketika dicuci ataupun basah karena terkena hujan. Ketika Anda merasa kaos kaki Anda basah segeralah lepas dan ganti kaos kaki Anda dengan yang baru. Dengan begitu kaki Anda akan terhindar dari bau dan kulit keriput.

  • Ukuran Sepatu

Ternyata selain masalah kaos kaki dan kuku yang cantengan, lain lagi dengan masalah ukuran sepatu. Ternyata faktor lain yang dapat menyebabkan bau kaki yakni, Sepatu dengan ukuran kaki anda. Perlu untuk anda perhatikan bahwa ketika hendak memilih sepatu ada baiknya sesuai dengan ukuran kaki anda, jangan sampai ia terlalu sempit.

Ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda bisa menjadikan kaki terhimpit dan menimbulkan sakit pada kaki. Sepatu yang kesempitan juga dapat menyebabkan kaki berbau tidak sedap. Untuk itu, pilihlah ukuran sepatu ataupun kaos kaki yang sesuai dan tidak kesempitan.

Sudah tahukan penyebab mengenai masalah bau kaki, serta faktor lain yang dapat menimbulkan bau tak sedap pada kaki anda? Untuk itu hindarilah faktor yang ada diatas, agar kaki tak mengalami masalah semacam ini. Untuk mengatasi hal ini anda cukup mengikuti ulasan berikut ini;

Mengatasi Bau Kaki

j

Seorang pakar kesehatan dari Atlanta, Rondrick Williamson, mengatakan bahwa kemunculan bau di kaki merupakan proses alami tubuh dan bisa dihindari dengan terus menjaga kaki tetap kering. Nah, untuk itu anda hanya perlu mengikuti saran yang ada dibawah ini, agar anda bisa terbebas dari yang namnyanya “bau kaki”.

1. Rendam Menggunakan Air Garam

Mengapa garam? Karena garam sanggup menyingkirkan kelembapan dari kulit sehingga bakteri yang berkembang biak juga ikut tersingkir. Rendamlah kaki Anda dalam larutan air garam sekitar 20 menit untuk membantu menghilangkan problem bau kaki. Cara alami semacam ini begitu mudah bukan?

2. Rendamlah Menggunakan Larutan Cuka

Tak hanya air garam saja, melainkan cuka juga mampu menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, rendamlah kaki dengan larutan cuka selama kurang lebih 30 menit setiap hari untuk mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau tak sedap.

3. Menggunakan Teh.

Kandungan asam dalam teh dapat menyempitkan pori-pori di kaki sehingga keringat yang keluar lebih sedikit. Teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki. Dengan merendam kaki dalam air teh selama setidaknya 30 menit dapat membantu mengurangi bau kaki.

4. Menggunakan Tepung.

Pernahkah anda mendnegar bahwa ada beberapa cara alami yang begitu unik dilakukan agar kaki tidak terasa bau? Nah, cara menghilangkan bau kaki yang satu ini cenderung dikatakan sebagai cara yang unik yakni, dengan menaburkan tepung jagung ke dalam sepatu untuk mengurangi kelembapan di kaki.

5. Menyemprotkan Sepatu.

Bukan hanya menggunakan lotion khusus kaki saja, namun perlunya juga anda untuk menyemprotkan parfum sepatu ataupun parfum bagian telapak kaki. Dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan anti-bakteri lainnya untuk membasmi bakteri penghuni sepatu. Dengan begitu, risiko timbulnya bau kaki juga akan berkurang.

6. Pilih Kaus Kaki Yang Sesuai

Inilah mengapa disebut bahwa pemicu bau kaki juga bisa berasal dari kaus kaki juga. Sebab apa? Kaus kaki berbahan nilon dapat dengan baik menyerap keringat di kaki dan bahan katun sanggup memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga kaki bisa “bernapas”. Jika diperlukan selalu bawa kaus kaki cadangan kalau-kalau kaus kaki yang dipakai basah kuyup oleh keringat.

7. Keringkan Kaki

Mengapa anda harus mengeringkan kaki? Karena ketika anda hendak mengeringkan kaki setelah mandi, keringkanlah dengan saksama. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kjuga dapat elembapan akibat air yang tersisa menciptakan lahan yang produktif bagi pertumbuhan bakteri. Maka dari itu keringkanlah sampai benar-benar kering, terutama di bagian sela-sela jari kaki.

Maka dari itu ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan kaki dan lebih memperhatikan kebersihan sepatu itu sendiri. Karena apa? Bau kaki bukan hanya membuat anda tak percaya diri melainkan aroma nya juga dapat mengganggu beberapa orang disekitar. Untuk itu nggak ada salahnya untuk mengikuti cara-cara yang ada diatas, agar penyebab bau kaki atau bau kaki anda dapat teratasi dengan baik.