Siapa yang tidak kenal dengan tanaman obat kumis kucing. Tanaman ini sudah sangat terkenal karena mampu mengobati berbagai penyakit seperti batu ginjal. Sudah banyak yang merasakan sendiri manfat dari herbal yang satu ini. Tanaman kumis kucing sendiri memiliki naman Latin Orthosiphon aristatus (famili: lamicaeae/labiata). Tanaman yang memiliki bunga berwarna putih ini selain untuk ramuan obat juga sangat indah dijadikan sebagai tanaman hias.

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti:

  • Kidney tea plants/java tea (Inggris).
  • Giri-giri marah (Sumatera).
  • Remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan
  • Songot koneng (Madura).

Kumis kucing mendapatkan nama ilmiah Orthosiphon aristatus yang tergolong dalam famili Labiatae. Tanaman ini termasuk terna tegak yang di bagian buku-bukunya terdapat akar serta ketinggian hingga 2 meter. Penyebaran kumis kucing di daerah beriklim tropis seperti Asia bermulai dari Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, hingga masuk ke Filipina.

Kegunaan kumis kucing dalam kehidupan cukup banyak dan tentunya kesemua khasiat tersebut tidak lepas dari banyaknya jumlah zat kimia yang baik bagi kesehatan tubuh.

Beragam penyakit seperti diuretik dan rematik dapat disembuhkan dengan meramu daun dari tanaman kumis kucing yang kering (simplisia). Di beberapa daerah di Indonesia para penduduknya juga menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional untuk batuk, sakit pinggang, sembelit dan masuk angin.

Penyakit kronis yang mampu ditangani secara efektif oleh tanaman herbal ini juga tidak sedikit, misalnya sebagai upaya menyembuhkan radang ginjal, kencing manis, batu ginjal, ambuminuria dan penyakit sipilis. Seseorang yang kadar glukosa dalam darahnya berlebih dapat diturunkan jika rutin konsumsi air seduhan atau rebusan dari daun kumis kucing.

Klasifikasi Tanaman Kucing

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan ).
Subkingdom : tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu ).
Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji ).
Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga ).
Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil ).
Sub kelas : Asteridae.
Ordo : Lamiales.
Famili : Lamiaceae.
Genus : Orthosiphon.
Spesies : Orthosiphoon staineus Benth.

Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

e

Tanaman ini punya benang sari berwarna putih panjang menyerupai kumis kucing yang mencuat keluar dari bunganya. Itulah sebabnya mengapa tanaman ini dinamai kumis kucing. Sebagai salah satu tanaman obat, tentu saja ada cukup beragam khasiat kumis kucing bagi kesehatan.

Berkat kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang dimiliki kumis kucing, menjadikannya herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dari yang ringan sampai yang berat sekalipun. Tanaman herbal yang bernama latin Orthosiphon aristatus ini merupakan anggota famili Labiate atau Lamiaceae. Dan berikut beberapa manfaat yang didapat dari tanaman ini;

  • Memperlancar Buang Air Kecil

Manfaat daun kumis kucing yang paling terkenal adalah untuk memperlancar proses buang air kecil. Jika anda merasa sulit buang air kecil, hal itu diakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi saluran ini dapat terjadi karena adanya bakteri Escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia. Untuk membuat obat ini, anda perlu melakukan hal dibawah ini;

  1. Kombinasi bahan antara kumis kucing, tanaman meniran dan akar alang-alang secukupnya.
  2. Rebus ketiga bahan obat bersama 3 gelas air dalam panci.
  3. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengah dari takaran air awal, kemudian tunggu dingin.
  4. Minum air rebusan tersebut secara teratur 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Mengobati Rematik

Penyebab rematik dapat dikarenakan beberapa faktor, termasuk faktor genetik, infeksi akibat virus, atau dikarenakan perubahan hormon. Daun kumis kucing dapat digunakan untuk mengobati rematik. Anda hanya perlu menyiapkan 5 helai daun kumis kucing, daun meniran, dan 3 gelas air kemudian rebus semua bahan. Setelah dingin, minum ramuan obat tersebut tiga kali sehari masing masing ½ gelas.

  • Mengobati Batuk

Batuk merupakan penyakit umum yang sering diderita manusia. Penyebab batuk biasanya dikarenakan debu, alergi, kuman, ataupun sesuatu yang merangsang selaput lendir. Banyak sekali obat yang ditawarkan untuk mengobati penyakit batuk ini, salah satu nya adalah daun kumis kucing. Siapkan 15-20 gr daun kumis kucing yang masih segar dengan 1 gelas air. Setelah daun dicuci bersih, rebus daun kumis kucing dengan air. Anda dapat meminumnya selama tiga kali sehari masing masing sebanyak 1 gelas.

  • Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin biasanya disebabkan oleh penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, bahkan karena cuaca panas yang ekstrim. Daun kumis kucing dapat mengatasi masalah masuk angin pada anda. Anda hanya perlu meminum air rebusan daun kumis kucing. Berikut lakukan lah dibawah ini;

  1. Rebus daun kumis kucing secukupnya dalam segelas air.
  2. Biarkan air mendidih dan debit air tersisa setengah dari jumlah awal.
  3. Tunggu sampai dingin, barulah minum sampai habis secara teratur.
  • Mengobati Asam urat

Asam urat biasanya menyerang bagian persendian, penyakit ini terjadi dikarenakan adanya konsumsi zat purin yang berlebihan dalam tubuh. Namun anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun kumis kucing. Rebus 4-5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar dengan segelas air putih sisakan hingga tinggal ½ gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

  • Batu Ginjal

Selain baik kesehatan tubuh lainnya, ternyata tanaman ini juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya seperti kesehatan ginjal. Untuk itu anda perlu melakukan hal sebagai berikut;

  1. Persiapkan sekitar 20 lembar daun atau 3 genggam daun kumis kucing kering yang sudah dibilas menggunakan air mengalir.
  2. Apabila di sekitar rumah ada pohon keji beling, Anda bisa petik sekitar 5 lembar daunnya. Jangan lupa juga untuk mencuci dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Rebus kedua daun ke dalam 2 gelas air hingga mendidih.
  4. Minum obat batu ginjal secara rutin sehari 2 kali masing-masing satu gelas.
  • Menyembuhkan Sakit Diabetes (Kencing Manis)

Diabetes termasuk salah satu penyakit dengan jumlah penderita cukup banyak. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa mengonsumsi ramuan daun kumis kucing. Caranya, siapkan 16 lembar daun lalu cuci biar bersih. Setelah itu, daun kumis kucing direbus hingga mendidih. Anda cukup minum 1 gelas rebusan per hari.

Lakukan cara yang sama sampai sakit diebetes Anda sembuh atau gula darah Anda normal. Tetapi, bersamaan dengan itu, Anda harus menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sakit diabetes meningkat. Misalnya, menghindari makanan minuman yang mengandung gula tinggi seperti minuman-makanan yang manis, sirup, roti yang manis.

  • Kumis Kucing Mengobati Sakit Keputihan

Salah satu khasiat kumis kucing adalah mengobati sakit keputihan. Siapkan daun kumis kuncing dan daun beluntas, lalu rebus. Tambahkan jintan satu sendok teh dan 10 biji kemukus. Rebus sampai airnya mendidih. Anda bisa minum setelah air rebusan daun kumis kucing dingin.

Anda bisa minum satu hari sekali sampai sakit keputihan sembuh. Mudah, kan?? Ya, membuat obat tradisional dari tanaman obat, umumnya dengan cara direbus. Jika berbentuk buah, Anda bisa membuat jus. Itulah contoh membuat ramuan obat tradisional untuk sakit keputihan. Tidak hanya mudah cara pengolahannya. Obat tradisional juga sangat murah harganya.

Morfologi Tanaman Kumis Kucing

r

Semua bagian tubuh tumbuhan yang secara langsung ataupun tidak langsung berguna untuk menegakkan kehidupan tumbuhan, yaitu berguna untuk penyerapan, pengolahan, pengangkutan dan penimbunan zat-zat makanan. Adapun morfologi tanaman kumis kucing, dapai dilihat berdasarkan ciri-ciri tanaman kumis kumis diantara yaitu;

1. Akar

Tanaman kumis kucing memiliki sistem akar tunggang, rambut akar atau bulu-bulu akar (pilus radicalis), tudung akar (Calyptra). Akar tunggang, berbetuk bulat dan berserabut banyak. Akar tanaman ini berdiamater 1-2 mm dengan pangkal ujung kecil yang berwarna kekuningan dengan panjang mencapai 25-30 cm yang akan menembus permukaan tanah.

2. Batang

Batang berbentuk segi empat, berwarna keungguan hingga kehijauan dengan diameter 1-2 cm, bercabang banyak dan terdapat ruas pada bagian bawah batang. Selain itu, batang tumbuh dengan tegak mencapai ketinggian 2-3 meter bahkan lebih tergantung jenis dan varietesnya.

3. Daun

Daun berbentuk oval memanjang dengan panjang 1-2 cm, memiliki bagian tepi merata, dan juga pertulangan yang tampak berwarna keputihan. daun ini berwarna hijau muda hingga hijau tua. Daun juga memiliki pertangkai pendek dengan panjang kurang dari 1 cm dengan warna kecoklatan hingga kehijaun.

4. Bunga

Tanaman kumis kucing memiliki tipe bunga majemuk gubahan semu atau karangan semu. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7-29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih. Panjang tabung 10-18mm, panjang bibir 4.5-10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas.

5. Biji

Tanaman kumis kucing tanaman berbiji tertutup, maka dari itu terdiri dari 2 lapisan lapisan kulit luar dan lapisan kulit dalam. Biji coklat gelap. Biji berwana kehitaman, berbentuk pipih dan juga lonjong yang berukuran 1-2 mm bahkan lebih. Biji ini dapat di perbanyak secara generatif.

Nah, mulai sekarang tidak ada salahnya kalau kita mulia membudidayakan tanaman obat yang satu ini mungkin sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Gimana nih guys, luar biasa bangetkan tanaman yang satu ini, selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias ia juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kita. Untuk itu nggak ada salahnya jika kita mulai merawat dan melestarikan tumbuhan yang satu ini, seperti mana yang dijelaskan diatas.

Untuk itu demikianlah pembahasan mengenai tanaman kumis kucing ini, semoga ulasan diatas dapat memberi pengetahuan baru bagi kalian yang membaca.