Seperti yang kita tahu bahwa belakangan ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan banyaknya film Horor. Dikatakan memiliki cerita yang tak tertebak, salah satu film horor yang saat ini sedang banyak disukai dan sedang hangat-hangatnya dibicarain, yakni “Pengabdi Setan” sudah banyak menarik perhatian masyarakat.

Bahkan hampir mengalahkan banyaknya film horor yang sedang tayang, bersamaan dengan “Film Pengabdi Setan”. Nah, dikatakan memiliki kisah cerita pada masa lalu Indonesia memiliki banyak tempat yang dikatakan sebagai tempat paling horor dan diyakini tempat itu dihuni oleh makhluk yang tak tampak (kasat mata).

Wah, kalau begitu seram banget ya guys? Namun kamu juga harus tahu bahwa begitu banyak tempat yang begitu angker, bahkan tempat itu bukan hanya di Indonesia saja melainkan di seluruh Dunia. Nah, tahukah kamu dimanakah tempat yang paling angker?

Kuburan, perdesaan yang telah lama ditinggalkan, rumah kosong atau gedung bertingkat? Atau bahkan sebuah Rumah Sakit? Yah, dikatakan memiliki kisah serta fakta yang nyata. Rumah sakit menjadi tempat yang begitu angker, bahkan cerita Angkernya sebuah Rumah sakit memanglah benar. Dan berikut Rumah sakit terangker di seluruh dunia.

Rumah Sakit Ini Terkenal Berhantu

Apa yang ada dibenak kamu jika kamu harus berada dirumah sakit? Mungkin kamu akan berpikir tentang dokter, suster, pasien, obat-obatan dan masih banyak lagi. Namun, pernahkah terpikir bahwa rumah sakit adalah tempat yang dianggap cukup angker? Setiap hari pasti ada pasien yang meninggal di dalam rumah sakit entah karena penyakit maupun kecelakaan. Tentu saja dengan banyaknya pasien yang meninggal, maka kesan mistis di rumah sakit pun akan semakin kental. Berikut deretan rumah sakit terangker di dunia.

1. Old Changi, Singapura

Rumah sakit di Singapura ini paling berhantu di negera itu. Dulunya, rumah sakit ini dijadikan penjara oleh tentara Jepang. Jepang membunuh para tawanan didalam penjara tersebut. Jadi, sampai sekarang rumah sakit ini sering dihantui oleh tahanan yang ingin balas dendam. Rumah sakit Changi ini punya sejarah yang sangat panjang, berdiri sejak 1930 rumah sakit ini menjadi saksi bisu masa pendudukan Inggris dan juga penjajahan Jepang.

Sebelum di fungsikan sebagai rumah sakit, menurut kisah sejarah bangunan ini di dirikan sebagai pusat komando Inggris, letaknya yang berada di atas bukit mampu menjadi benteng awal para pasukan Inggris untuk menghalau musuh. Selama kurang lebih 10 tahun bangunan tua ini dijadikan sebagai barak para pasukan Inggris.

Namun fungsinya pun berubah kala pasukan Jepang melakukan invasi besar-besaran di Malaysia. Dalam dua hari penyerangan taktis, pasukan Jepang berhasil menduduki Changi, sejak pendudukan Jepang bangunan ini pun di ubah menjadi rumah sakit untuk mengobati para tentara Jepang yang terluka.

Saat ini rumah sakit Changi memang telah tertutup sejak tahun 1997, bangunannya pun dibiarkan kosong begitu saja. Namun ternyata rumah sakit ini memang sudah terkenal dengan keangkerannya, bahkan jauh sebelum di tutup oleh pemerintah Singapura, rumah sakit ini sudah menyimpan banyak kisah-kisah horror.

2. Severalls Hospital, Inggris

Sudah jelas bahwa rumah sakit jiwa adalah rumah sakit yang menyeramkan. Jauh lebih menyeramkan daripada rumah sakit biasa. Dan kenyataan mengerikan itulah yang menyertai rumah sakit jiwa yang berada di Inggris yang bernama Severalls Hospital. Tidak jauh berbeda dengan rumah sakit jiwa pada umumnya, Severalls Hospital terkenal di dunia karena rumah sakit ini sangatlah berhantu.

Saat masih beroperasi, banyak pihak yang mengatakan bahwa rumah sakit ini sering menggunakan metode pengobatan yang tidak lazim. Metode pengobatan tersebut adalah lobotomi dan terapi kursi setrum listrik. Akibat dari metode pengobatan tersebut, tidak sedikit pasien di rumah sakit jiwa ini yang meregang nyawa.

Pengobatan untuk gangguan kejiwaan seperti lobotomi dan electroshock (efek kejut listrik / terapi kejut listrik substansial ) adalah hal yang normal di Severalls Hospital. Tidak mengherankan jika rumah sakit ini disebut-sebut berhantu dan angker. Dibuka pada tahun 1913, Severalls Hospital ditutup tahun 1997. Namun tidak bagi pemburu hantu, fasilitas kamar mayat dengan rumor seringnya suara menyayat hati misterius terdengar menjadi alasan kedatangan mereka.

Kini, saat Severalls Hospital sudah tidak beroperasi lagi, sering terdengar jeritan atau lolongan kesakitan di malam hari. Padahal, sudah tidak orang yang beraktivitas di rumah sakit ini. Tak heran jika bangunan kosong bekas rumah sakit jiwa ini sering didatangi komunitas pemburu hantu yang ingin beruji nyali.

3. Beechworth Lunatic Asylum, Australia

Bak kisah di film-film saja, rumah sakit ini memiliki sejumlah cerita horor yang begitu mengerikan. Pasalnya rumah sakit jiwa ini kerap sekali menjadikan pasien sebagai korban untuk suatu pekerjaan yang tak lazim dan tercela. Beechworth Lunatic Asylum sudah sejak lama dikenal sebagai rumah sakit angker yang menyimpan banyak fenomena mistis. Dalam kisah sejarahnya, rumah sakit yang berada di kota Beechworth Australia ini dulunya menjadi rumah sakit jiwa paling besar.

Sejarah mencatat sekitar 1200 pasien dirawat di rumah sakit ini selama kurun waktu dari 1867 sampai tahun 1995 yang lalu. Namun, kisah sejarah pun mencatat jika rumah sakit jiwa ini juga punya segelintir kisah yang kejam dari metode pengobatannya.

Bahkan, konon kisah dari masyarakat sekitar menyebut jika rumah sakit ini juga dulunya di jadikan sebagai tempat pemujaan setan dengan menjadikan para pasiennya sebagai tumbal. Tempat ini sudah beroperasi sekitar 128 tahun, sejak tahun 1867-1995. Ruangan-ruangan di rumah sakit ini pun tak kalah seramnya. Sebuah rak berisi guci menghiasi seluruh ruangan laboratorium. Guci tersebut berisi potongan tubuh manusia.

Namun, guci tersebut akhirnya lenyap saat terjadi kebakaran besar di tahun 1950. Bahkan, hingga menyebabkan sekitar 9000 pasien meninggal dunia. Bahkan, ada seorang gadis muda yang dilempar dari jendela saat peristiwa kebakaran terjadi. Cerita-cerita mistis pun sering terjadi, mulai dari penampakan para pasien rumah sakit, sampai suara tangisan anak kecil.

Beruntung rumah sakit jiwa ini telah ditutup sejak lama. Jika masih berfungsi, mungkin sudah banyak dokter dan pasien yang merasa tidak betah tinggal disana. Beechworth Lunatic Asylum adalah rumah sakit jiwa yang berada di Australia. Rumah sakit ini dikenal sebagai rumah sakit paling berhantu yang ada di Australia.

4. Sai Ying Pun Psychiatry Hospital, Hong Kong

Gedung bekas rumah sakit berhantu yang satu ini terletak di China, tepatnya di Hong Kong. Sai Ying Pun Psychiatry Hospital didirikan pada tahun 1892. Awalnya gedung ini juga sekaligus menjadi asrama bagi para staf dan perawat yang bertugas di sana.

Kemudian pada masa Perang Dunia II sempat diambil alih oleh pasukan Jepang dan dijadikan tempat eksekusi tawanan perang. Pada tahun 1947 sampai dengan tahun 1961 gedung ini berubah fungsi menjadi rumah sakit jiwa, kemudian berubah fungsi lagi menjadi pusat fasilitas psikiatris hingga akhirnya ditutup pada tahun 1971.

Sebenarnya rumah sakit ini pernah di hancurkan untuk di bangun kembali oleh pihak pemerintah karena katanya mulai menimbulkan keresahan akibat ulah makhluk halus tersebut dan bahkan bangunan ini dihancurkan guna untuk pengembangan ekonomi di pusat ini.

Namun sampai bangunan ini kembali berdiri teror dari mahluk halus penunggu rumah sakit pun tidak pernah hilang. Bahkan sejak kembali di bangun para pekerja sering mengalami kejadian aneh atau yang lebih dikenal dengan nama poltergeist dalam dunia supranatural.

Menurut penuturan dari masyarakat sekitar sejak kembali berdiri keangkeran dari bekas rumah sakit jiwa ini sama sekali tidak mengalami perubahan. Bahkan kabarnya suara-suara langkah kaki, suara teriakan, suara aneh yang di duga muncul dari bawah tanah sampai sosok-sosok penampakan masih sering terjadi. Tidak hanya itu konon hampir setiap malam orang yang berjalan di sekitar rumah sakit di teror oleh hantu perempuan yang tewas akibat diperkosa oleh ratusan tentara Jepang.

5. Taunton State Hospital, Amerika Serikat

Ternyata banyak kisah nyata film horor yang memang benar adanya terjadi. Walau dikatakan sebagai mahkluk yang kasat mata, tatkala mereka suka menampakan diri dan berinteraksi lewat suara ataupun pergerakan dari suatu barang. Hal ini juga terjadi pada salah satu rumah sakit Taunton State Hospital yang didalamnya terdapat keanehan yang membuat sejumlah manusia merinding bila dihadapkan oleh rumah sakit ini.

Dikenal sebagai salah satu rumah sakit angker di dunia oleh para komunitas pemburu hantu. Rumah sakit jiwa yang dibangun pada tahun 1854 ini sudah dibiarkan mangkrak tak berpenghuni selama bertahun-tahun. Sejarah kelam nampak menyelubungi rumah sakit ini, di mana para dokter melakukan ritual pemujaan setan di rumah sakit ini dengan mengorbankan beberapa pasien.

Saat rumah sakit ini masih beroperasi, banyak pasien mengaku melihat penampakan mahluk gaib, salah satunya nampak seperti bayangan yang merangkak di dinding dan mengawasi pasien-pasien tersebut.

Walaupun dikatakan sebuah rumah sakit yang dikhususkan untuk mereka yang mengalami gangguan kesehatan bahkan mengalami suatu gangguan, ternyata tak menjadikan beberapa rumah sakit menjadi tempat yang nyaman bagi setiap pasien. Bahkan rumah sakit yang terdapat diatas begitu menyeramkannya dibandingkan sebuah penjara.