Kepuasan diatas ranjang merupakan salah satu faktor penunjang rumah tangga bahagia. Saat pasangan mendapat kepuasan dalam kamar tidur, nah pastinya perselingkuhan dapat diminimalisir kan. Dan dengan dilakukannya hubungan antar suami ini, pastinya dapat menghilangkan stres pada wanita, karena sejatinya bagi wanita ini bukanlah sekedar melepas syahwat melainkan juga dapat memberi manfaat baginya.

Sepertimana yang dijelaskan bahwa hubungan intim dapat membuat seseorang menghilangkan rasa stres pada dirinya. Bicara mengenai hubungan seksual, tahukah kamu mengenai apa itu libido? Nah, jika belum paham dengan apa itu libido, yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian “Apa Itu Libido”

2

Libido, secara bahasa bisa diartikan sebagai “gairah seksual”. Pada wanita, gairah seksual ini bisa diartikan sebagai sebuah dorongan seksual seseorang secara keseluruhan atau keinginan untuk aktivitas seksual. Libido adalah hasrat atau keinginan yang berhubungan dengan seksualitas seseorang. Libido sangat kompleks, berkaitan dan dipengaruhi oleh faktor biologi, psikologi dan sosial.

Secara biologis, kadar hormon seperti testosteron diyakini mempengaruhi libido. Faktor sosial seperti pekerjaan dan keluarga juga memiliki dampak seperti halnya faktor psikologis terhadap libido wanita. Ketika kepribadian terganggu dan mengalami stres, maka secara otomatis libido juga akan terganggu.

Gairah seks (libido) tak ubahnya selera makan. Ada orang yang makan sepiring sudah kenyang, ada juga yang melahap tiga piring baru kenyang. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja, karena setiap orang punya ’bawaan’ yang berbeda. Seperti halnya kepribadian, pola perilaku seks seseorang pun berbeda-beda. Menurut Dr Ferryal Loetan, ASC&T, DSRM, MKes, berdasarkan ilmu seksologi Cina, baik pria maupun wanita bisa dikelompokkan ke dalam empat tipe libido, yaitu;

  • Kuda.
  • Lembu.
  • Kambing.
  • Kelinci.

Pengelompokan ini bukan didasari oleh shio, tapi berdasarkan selera dan pola perilaku seksual hewan-hewan tersebut. “Salah satu indikasinya adalah postur tubuh seseorang ketika muda,” jelas dokter dari Universitas Indonesia yang mengambil spesialisasi Rehabilitasi Medis dan Seksual di Amerika Serikat ini.

Tipe Libido Wanita Dan Pria

3

Ternyata, bukan cuma “garis nasib” saja, lho yang bisa diintip. Selera dan pola kehidupan seksual pun bisa dibaca. Cuma caranya bukan lewat astrologi, melainkan dari bentuk atau postur tubuh. Dari bentuk atau postur tubuh seseorang ternyata bisa diketahui selera dan pola seksual seseorang. Berdasarkan ilmu seksologi China, wanita maupun pria bisa dikelompokkan dalam empat tipe, berikut penjelasannya.

  • Libido Tipe Kuda

Menurut penggolongan ini, pria maupun wanita yang termasuk dalam tipe kuda adalah mereka yang berotot bagus, berbadan tinggi besar dengan proporsi ideal, dan kondisi fisiknya sehat serta bugar. Pada pria, biasanya terlihat macho dan atletis. Sedangkan yang wanita, umumnya bahenol dengan buah dada penuh berisi, dan pinggang ramping namun panggul besar.

Ciri lainnya bisa dikaitkan dengan tabiat atau kehidupan emosional kuda yang keras dan sulit dikendalikan. Sementara aspek libidonya yang tinggi bisa dilihat dari kebiasaannya yang mengarah pada hal-hal berbau seks. Misal, baru bertemu beberapa kali saja sudah berani meraba-raba.

  • Libido Tipe Lembu

Memiliki tubuh cenderung gemuk, biasanya terlihat kalem dan tak menggebu-gebu. Gairah seksual juga tampak tidak menggebu-gebu, sehingga membutuhkan pemanasan lebih lama dan rangsangan yang lebih bervariasi. Dari sisi fisik, emosional, maupun pola seksualnya, mereka terbilang normal alias biasa-biasa saja. Tidak kelewat menggebu, tetapi juga tidak terkesan dingin.

  • Libido Tipe Kambing

Lain lagi yang tipe kambing, umumnya berukuran tubuh rata-rata; tak terlalu gemuk ataupun kurus, tak pula kelewat pendek maupun tinggi. Baik kondisi fisik, emosional, maupun pola seksualnya terbilang normal alias biasa-biasa saja; enggak kelewat menggebu, tapi juga enggak terkesan dingin. Mereka juga tak butuh pemanasan lama atau teknik berbelit.

  • Libido Tipe Kelinci

Kalau tipe kelinci, bentuk tubuhnya kecil mungil, baik pria maupun wanita. Penampilannya imut-imut dalam arti menggemaskan seperti layaknya anak kecil. Namun dari aspek gerak, mereka terbilang gesit dan “mengundang”. Dalam urusan seks gampang terangsang namun gampang pula menyudahinya. Sementara dari aspek emosional, tipe ini lebih fleksibel.

Hasrat seksual seringkali merupakan faktor penting dalam pembentukan dan pemeliharaan hubungan intim baik pada pria maupun wanita. Dan kurangnya atau hilangnya gairah seksual dapat mempengaruhi hubungan suami istri. Jika berkelanjutan dan belum terselesaikan maka perubahan dalam keinginan seksual dari wanita pasangan anda, maka dapat menyebabkan masalah dalam hubungan. Lalu apa hubungannya hubungan suami istri ini dengan vitamin D?

Hubungan Libido Dengan Vitamin D

p

Vitamin D biasanya mudah didapatkan dari makanan tertentu seperti ikan dan minyak ikan. Pada makanan tersebut, vitamin D ini berperan sebagai supplement dan vitamin D ini juga dapat diproduksi di dalam tubuh saat tubuh terkena sinar ultraviolet pagi. Vitamin D juga dapat membantu proses penyerapan kalsium di usus, membantu pertumbuhan tulang, membantu menjaga fungsi sistem imun dan neuromuscular, dan juga sangat penting untuk meningkatkan gairah seksual.

Hasrat seksual rendah mempunyai gangguan seksual yang dapat mengurangi ketertarikan untuk berhubungan seks. Kurangnya ketertarikan akan seks ini tentu saja dapat menyebabkan stress, menurut MayoClinic.com. Perubahan hubungan percintaan, perubahan hormone, munculnya penyakit, pengobatan, minuman beralkohol, penggunaan obat-obatan yang dapat menimbulkan efek tenang (seperti obat-obatan terlarang) stress yang dapat menyebabkan turunnya libido. Terdapat vitamin-vitamin tertentu dapat membantu meningkatkan libido wanita dengan cara meningkatkan hasrat untuk bercinta dan juga meningkatkan orgasme.

Menurut seorang ahli gizi, kamu dapat meningkatkan libido dengan cara memilih makanan yang tepat untuk sarapan di pagi hari. Makanan itu juga harus menjamin adanya kandungan vitamin D. Penelitian memperlihatkan bahwa suatu keadaan kekurangan gizi kronis, dapat menyebabkan rendahnya oestrogen pada wanita dan berkurangnya testosterone pada pria. Hal ini diperkiran terjadi pada 1 dari 5 orang dewasa tidak memiliki tingkat kecukupan dari “vitamin sinar matahari” alias vitamin D.

Penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D berperan dalam libido kedua gender, baik wanita maupun pria. Sebuah penelitian di Austria yang dipublikasikan di jurnal Clinical Endocrinology menemkan testosterone meningkat dengan vitamin D. Berdasarkan analisa pada 2.299 pria ditemukan mereka yang cukup vitamin D memiliki hormone seks lebih banyak daripada mereka yang kurang vitamin D. Level darah menurun pada musim dingin dan meningkat di musim panas, kata tim peneliti dari Medical Univeristy of Graz di Austria.

Menurut Rob Hobson, vitamin D sebenarnya sangat sulit didapat dari makanan saja. Sangat sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Sumber utamanya adalah minyak ikan dan sedikit dapat ditemukan pada telur dan jamur. Vitamin D dapat juga ditemukan pada makanan yang diperkaya vitamin seperti sereal dan margarine. Dan berikut makanan yang dapat meningkatkan vitamin D;

1. Jamur

Mungkin saat ini telah banyak tersedia makanan olahan yang terbuat dari jamur seperti jamur crispy dan lainnya. Jangan sia-siakan karena jamur juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Karena jamur secara ajaib menyimpan vitamin D dari sinar matahari. Dalam 100mg jamur mengandung 446 IU Vaitamin D.

Bagaimanapun juga, jamur yang ditumbuhkan secara komersial sering tumbuh dalam gelap dan mengandung sedikit vitamin D2. Ada satu trik sederhana yang dapat meningkatkan jamur yang dibeli di toko menurut Penn State University. Letuskan jamur pada ambang jendela yang terkena sinar matahari, jamur akan bereaksi terhadap sinar ultraviolet, dan memproduksi lebih banyak antioksidan vitamin D.

2. Minyak Ikan Seperti Makarel Dan Salmon

Ikan diketahui menjadi sumber vitamin D yang bagus, khususnya minyak ikan dari makarel dan salmon. Ikan makarel mengandung 360IU per penyajian, sementara salmon mengandung 685IU vitamin D. Namun, waspadalah bahwa metode peternakan dapat memengaruhi berapa banyak kandungan vitamin D. Sebuah penelitian dari Boston University Medical Center pada 2009 menemukan bahwa salmon yang diternakkan hanya mengandung vitamin D sebesar 25 persen dari salmon yang hidup di alam liar.

3. Telur Ayam Yang Tidak Dikandangkan

Nah pastinya kalian sudah tahukan bahwa kebanyakan protein ditemukan pada putih telur, tetapi vitamin dan mineral lebih banyak terdapat pada kuning telur. Kuning telur mengandung sekitar 18 hingga 39IU vitamin D, memang tidak sangat tinggi. Akan tetapi, telur yang berasal dari ayam yang dibiarkan bebas berkeliaran dan terkena sinar matahari mengandung 3 sampai 4 kali lebih banyak vitaminnya, berdasarkan penelitian dari Martin Luther University of Halle-Wittenberg di Jerman.

Dan jauh Lebih lagi, kalau ayam yang diberi makanan yang diperkaya vitamin D akan meningkatkan kandungan vitaminnya hingga 6.000 IU vitamin D dalam kuning telurnya, menurut Iowa State Univeristy pada 2013. Karena itu, belilah telur ayam yang hidupnya dibebaskan atau tidak terkurung karena tingkat vitamin D tinggi, sebagi cara yang bagus untuk membantu kebutuhan vitamin D harian anda.

Penuhi kebutuhan harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, dengan sumber alami seperti di atas, untuk itu ada baiknya jika memperhatikan asupan yang akan anda konsumsi. Agar masalah libido dapat teratasi dan anda dapat melakukan hubungan suami istri lebih baik lagi.