Bagi anda para pengguna android, tentunya anda pasti sudah tidak asing dengan istilah root pada proses modifikasi dari sistem operasi yang ada di android yang memiliki akses tanpabatas. Anda akan diizinkan untuk melakukan berbagai macam pengubahan seperti menghapus, menambahkan, bahkan untuk merusak elemen-elemen yang terdapat di dalam sistem operasi android anda.

3-1

Root sudah bisa dikatakan sebagai sebuah kunci rumah, apabila anda ingin masuk ke dalam rumah dan melakukan kegiatan apa saja, maka root ini juga bisa membuat rumah anda tidak aman serta rentan untuk kemalingan, apabila root anda rusak maka smartphone anda akan lebih rawan terserang malware atau virus yang bisa merusak sistem atau bahkan mencuri data anda.

Berikut kami akan mengulas mengenai 5 cara mengamankan android yang sudah di-root yaitu:

  1. Mengelola Izin Aplikasi Atau App Permission

Apabila anda menggunakan android maka tentunya pada android anda sudah terdapat sebuah fitur app permission yang lebih intuitif untuk membuat izin sebuah aplikasi, serta dapat memberikan anda sebuah pilihan untuk mengizinkan atau menolak izin tersebut, dengan sebuah aplikasi yang mana anda bisa menerima semua izin dalam waktu bersamaan.

 

Selain itu, android marshmallow anda juga dapat mengelola access yang diminta terhadap aplikasi.Aplikasi ini diibaratkan seperti rumah yang tidak memiliki kunci,akan tetapi anda bisa mengunci lemari peralatan rumah, seperti lemari dan brangkas. Jadi, smartphone anda akan sedikit lebih aman dikarenakan isi dari smartphone anda masih bisa dikunci, hal ini sangat menarik bukan?

 

  1. Jangan Install Aplikasi Tidak Resmi

Penting bagi anda untuk mengetahui bahwa setiap anda melakukan root, maka anda harus berhati-hati ketika melakukan download terhadap aplikasi yang tidak resmi. Apabila anda mendownload aplikasi maupun game melalui Google Play Store maupun download dari sumber yang terpercaya seperti Jalan Tikus, terkadang ketika menginstal aplikasi atau game yang berada di luar Google Play Store yang sudah di crack, tentunya juga bisa dimodifikasi untuk mengandung malware jahat.

 

  1. Jangan Hapus Semua Aplikasi Bawaan

Apabila anda mendapatkan akses root pada android anda, maka anda juga bisa menghapus semua aplikasi yang tersedia di android anda termasuk aplikasi bawaan yang tidak terpakai.Akan tetapi anda juga harus berhati-hati, jangan sembarangan menghapus aplikasi bawaan dari smartphone anda.Ketika anda ingin menjalankan perangkat android anda dan tidak sempurna,bisa jadi hal tersebut dikarenakan salah menghapus beberapa aplikasi yang seharusnya diperlukan untuk menjalankan android anda.Anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut sebelum anda menghapusnya.

 

  1. Gunakan Antivirus

Apabila smartphone android anda tidak dalam posisi root yang aktif, maka tidak ada gunanya apabila anda menginstal aplikasi anti-virus pada android anda. Akan tetapi terdapat juga smartphone yang sudah memiliki root, jadi apabila anda ingin menginstall aplikasi, maka anda hanya cukup untuk membutuhkan antivirus saja untuk menjaga keamanan smartphone androiddari virus.Anda bisa melakukan pemindaian secara rutin untuk memastikan smartphone anda dalam keadaan yang aman.

 

  1. Selalu Backup Data Anda

Apabila anda melakukan kesalahan dalam melakukan tahap-tahap modifikasi dari sistem android anda.Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada sistem android anda, seperti bootloop,softbrick hingga bisa menyebabkan android anda menjadi mati secara total.Oleh karena itu, anda harus rajin untuk melakukan backup data setiap hari untuk berjaga-jaga apabila smartphone anda mengalami masalah. Aplikasi yang bisa anda lakukan untuk melakukan backup data yaitu aplikasi titanium backup yang memiliki fitur sangat lengkap serta dapat memudahkan anda untuk melakukan backup, seperti pemulihan data, pemindahan data aplikasi, maupun game ke dalam kartu memori.

Demikian ulasan dari kami mengenai 5 cara mengamankan android yang sudah di-root, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk anda, terima kasih.